Kamis, 03 November 2016


Manfaat Internet
Fungsi internet dapat digunakan sebagai sarana komunikasi tanpa batas, dan juga sebagai sumber informasi dan pengetahuan di internet ini didapatkan dari berbagai banyaknya website yang menyediakan lengkap untuk Anda.
Selain itu, internet juga merupakan media untuk berpromosi baik itu bisnis Anda secara online, tapi tidak hanya itu…
… Internet juga bisa dijadikan sebagai sumber tempat hiburan, Anda bisa mendapatkan apa saja mulai dari Video, musik, gambar dan sebagainya.
Secara Umum Fungsi dan Manfaat Internet terbagi menjadi 5 Bagian yaitu:
  1. Media Informasi – Internet merupakan media penyimpan segala informasi dan fasilitas mesin pencari membantu memudahkan pencarian informasi tertentu di antara banyaknya informasi yang tersedia.
  2. Alat Komunikasi – Internet dapat mendukung kegiatan komunikasi interpersonal maupun komunikasi massa (akses berita dan sosial media)
  3. Sarana pendukung kegiatan pendidikan – Internet membantu memperoleh buku-buku secara online maupun offline serta halaman-halaman web yang berguna dalam pencarian informasi demi kepentingan pendidikan.
  4. Sarana pendukung kegiatan ekonomis – Internet dapat menjadi media jual-beli secara online dan mendukung kegiatan finansial lainnya  (e-commerce dan e-banking).
  5. Sarana hiburan – Sarana untuk mencari data yang bersifat menghibur dan dapat pula sebagai sarana penyaluran ide kreatif.

Tujuan Di Ciptakan Internet

Menurut sejarah internet. Bahwa, pada awalnya diciptakan Departemen Pertahanan Amerika Serikat pada tahun 1969, melalui proyek ARPA yang disebut ARPANET untuk keperluan militer,
…dan hanya menghubungkan 4 situs saja yaitu Stanford Research Institute, University of California, Santa Barbara, University of Utah, di mana mereka membentuk satu jaringan terpadu untuk melakukan komunikasi dalam jarak yang tidak terhingga.
Namun saat ini…
Internet semakin banyak digunakan di tempat umum untuk berbagai keperluan seperti untuk mencari informasi, hiburan, komunikasi dan lain sebagainya.

Fasilitas Yang ada Di Internet

Berikut ini beberapa fasilitas yang dapat dinikmati oleh pengguna internet, antara lain :
1. Word Wide Web (www)
layanan internet yang paling banyak dikenal orang dan paling cepat perkembangan teknologinya. Layanan ini menggunakan link hypertext yang disebut hyperlink untuk merujuk dan mengambil halaman-halaman web dari server.
Halaman web dapat berisi suara, gambar, animasi, text, dan program perangkat lunak yang menyusunnya menjadi dokumen yang dinamis. Pengguna dapat melihat World Wide Web dari sebuah browser yaitu program yang dapat menampilkan HTML
2. E-Mail
Email bekerja seperti mesin penjawab telpon, walaupun kita tidak sedang online dengan internet kita masih bisa menerima email dari seluruh penjuru dunia.
Saat ini, email tidak hanya berisi teks saja tetapi sudah bisa dilampiri dengan grafik, gambar foto dan juga suara bahkan animasi. Email juga dapat digunakan untuk berkirim surat secara langsung kepada beberapa orang sekaligus.
[ Baca Juga – Fungsi Email ]
3. Telnet
Fasilitas untuk mengakses remote komputer yang terletak di tempat lain. Beberapa server di internet memperbolehkan kita untuk mengaksesnya dan menjalankan beberapa program yang diinstal pada komputer itu. Layanan ini disebut sebagai telnet.
Penggunaan server ini sama seperti kalau kita melakukannya pada komputer di jaringan lokal. ( Baca selengkapnya – Fungsi Telnet )
4. Gopher
Aplikasi perangkat lunak yang tesusun atas untaian menu sistem pencarian dan penemuan kembali. Situs Gopher adalah komputer yang menampilkan menu-menu yang mewakili data dan informasi yang tersedia.
Secara mendasar, menu-menu ini adalah daftar isi untuk mengolah dan menunjuk ke sebuah informasi tertentu. Layanan ini menggunakan FTP untuk pertukaran file.
5. FTP
FTP atau File Transfer Protocol merupakan layanan internet untuk melakukan transfer file antara pengguna komputer dengan suatu server di internet.
Jadi, kita bisa melakukan pengiriman (upload) atau menyalin (download) sebuah file antara komputer kita dengan komputer lain yang terhubung pada jaringan internet.
6. Chating
Salah satu aktifitas untuk berkomunikasi antara sesama pemakai internet menggunakan media tulis secara on-line dan real-time.
Chatting adalah fasilitas yang diguna kan untuk melakukan perbincangan atau bercakap-cakap melalui internet menggunakan teks atau sering disebut dengan chatting.
7. Browsing
Sebuah layanan pada internet yang berfungsi untuk menampilkan suatu situs/website guna mencari suatu informasi.
Program yang digunakan untuk browsing/surfing adalah Internet Explorer, Mozilla Firefox, Opera, google chrome dan lain-lain.
8. Newsgroup
Fasilitas untuk berdiskusi secara jarak jauh, dimana kita dapat memberikan pendapat dan tanggapan melalui internet.

Kelebihan dan Kelemahan Internet

Internet, Selain memiliki fungsi dan manfaat yang sangat banyak, ada juga kelebihan dan kekurangannya, diantaranya yaitu:
a. Kelebihan
  • Membantu dalam produktifitas kerja
  • Waktu lebih efisien
  • Dapat berkomunikasi
  • Dapat mempublikasi web
  • Menghemat Biaya
  • Menambah relasi kerjasama
b. Kelemahan
  • Kurang Efektif
  • Lodingnya sering lama atau kurang terkontrol
  • Tidak menggunakan etika dalam penggunaan internet
  • Terkadang sering kita jumpai informasi yang salah
  • Banyak situs yang tak pantas dilihat oleh anak dibawah umur

Tidak ada komentar:

Posting Komentar